- Papias (150 - 170M) – Matius menyusun kata-kata dalam dialek Ibrani, dan masing-masing diterjemahkan sesuai kemampuan. [Kutipan oleh Eusebius; Pkh. Hist. 3:39]
- Ireneus ( - 170M) – Matius juga mengeluarkan Injil tertulis di antara orang Ibrani dalam dialek mereka sendiri. [Melawan Bidah 3:1]
- Origen ( - 210M) – [Injil] pertama ditulis menurut Matius, yang sama yang pernah menjadi pemungut cukai, tetapi setelah itu seorang rasul Yesus Kristus yang telah menerbitkannya untuk orang percaya Yahudi, menulisnya dalam bahasa Ibrani. [Kutipan oleh Eusebius; Pkh. Hist. 6:25]
- Eusebius ( - 315M) – Matius juga, setelah pertama kali mewartakan Injil dalam bahasa Ibrani, ketika hendak pergi ke bangsa-bangsa lain, berkomitmen untuk menulis dalam bahasa aslinya, dan dengan demikian memenuhi kebutuhan kehadirannya kepada mereka melalui tulisan. [Pkh. Hist. 3:24]
- Epiphanius ( - 370M) – Mereka [kaum Nazarene] memiliki Injil menurut Matius cukup lengkap dalam bahasa Ibrani, karena Injil ini pasti masih tersimpan di antara mereka seperti yang pertama kali ditulis, dalam huruf Ibrani. [Panarion 29:9:4]
- Jerome ( - 382M) – Matius, yang juga Lewi, dan dari seorang pemungut pajak menjadi Rasul, pertama-tama menyusun Injil Kristus di Yudea dalam bahasa dan huruf Ibrani, untuk kepentingan orang-orang bersunat yang percaya. Siapa yang menerjemahkannya ke dalam bahasa Yunani tidak pernah diketahui secara pasti. Hingga sekarang Injil Matius bahasa Ibrani itu masih tersimpan di perpustakaan yang ada di Kaisarea, yang dikumpulkan oleh martir Pamfilus. Saya juga diizinkan oleh orang-orang Nazaret yang menggunakan buku ini di kota Borea, Suriah, untuk menyalinnya. Yang harus diperhatikan adalah bahwa, di mana pun penginjil menggunakan kesaksian dari Kitab Suci Lama, dia tidak mengikuti otoritas tujuh puluh penerjemah, selain dari bahasa Ibrani. [Lives of Illustrious Men, Buku 5] [1]
Jadi jika benar seperti apa yang dikatakan oleh Jerome, maka Matius Shem Tov dipastikan adalah Matius yang asli yang diturunkan dari generasi ke generasi. Satu hal yang perlu diketahui adalah, bahwa menurut mayoritas Kristen, tidak ada manuskrip injil Matius dalam bahasa Ibrani. Tetapi menurut beberapa Bapa Gereja yang dihormati, sesungguhnya ada Injil Matius bahasa Ibrani yang dikenal pada jaman mereka. Maka pertanyaan yang perlu dijawab oleh orang Kristen adalah: di manakah manuskrip asli Injil Matius?
Ada manuskrip Matius dalam bahasa Ibrani dari tahun 1385 dan beberapa Sarjana percaya ini adalah salinan asli yang kemudian diturunkan.
Berkat Internet saya berhasil mendapatkan salinan Injil Matius Ibrani Shem Tov (atau Shem Tob) yang diterjemahkan dari bahasa Ibrani ke dalam bahasa Inggris oleh George Howard. Berikut screenshot untuk halaman Matius 28:19:
George Howard melangkah lebih jauh pada halaman 190 – 191 dengan mengatakan:
Selain itu kita memiliki tujuh kutipan yang membuktikan persetujuan Eusebius atas Injil Matius Shem Tov, bahwa ayat 19 dengan formula tritunggal bukanlah bagian dari aslinya. Ini adalah bukti yang cukup bahwa kalimat; "Bapa, anak, dan Roh Kudus" adalah kalimat yang ditambahkan kemudian. Dari kutipan ini kita mendapatkan bukti bahwa Eusebius (265M - 339M) sebagai Uskup Kaisarea, memiliki akses ke Perpustakaan Kaisarea dan referensi untuk Matius 28:19 dari manuskrip kuno lainnya yang tidak tersedia untuk kita hingga sekarang ini.
A. “Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku, ajari mereka untuk mematuhi segala sesuatu yang telah Aku perintahkan kepadamu.” Apa yang dapat Ia maksudkan selain pengajaran dan disiplin dari perjanjian yang baru? Sejak saat itu, saya telah membuktikan fakta-fakta saya, mari kita lanjutkan menyelidiki bersama sifat dari perjanjian yang baru, dan nyanyian baru dan hukum baru yang telah dinubuatkan. [3]
B. Begitulah pesan kepada semua bangsa yang diberikan oleh firman perjanjian baru melalui pengajaran Kristus. Dan Kristus dari Allah meminta para murid-Nya untuk mengajar mereka kepada semua bangsa, mengatakan: “Pergilah ke seluruh dunia, jadikanlah semua bangsa murid-Ku. Ajari mereka untuk mematuhi semua yang telah aku perintahkan kepada kalian." [4]
C. Dengan satu kata dan suara Dia berkata kepada murid-murid-Nya: “Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dalam Nama-Ku, ajari mereka untuk mematuhi semua hal yang telah Aku perintahkan kepadamu” [[Mat. xxviii. 19.]] [5]
D. Saya tidak kuasa menahan diri untuk tidak menelusuri kembali langkah-langkah saya, dan mencari penyebab mereka, dan untuk mengakui mereka hanya bisa berhasil dalam usaha berani mereka, dengan kekuatan yang lebih ilahi, dan lebih kuat dari manusia, dan dengan kerjasama tentang Dia yang berkata kepada mereka: “Jadikanlah semua bangsa murid-Ku, dalam Nama-Ku. ” [6]
E. Sedangkan Dia, yang tidak mengandung manusia atau fana, lihat (136) betapa sungguh-sungguh Dia berbicara dengan suara Tuhan, mengatakan dengan kata-kata ini kepada murid-murid-Nya, yang termiskin dari yang miskin: “Pergilah, jadikanlah semua murid-Nya bangsa-bangsa.” [[Matt.xxviii. 19.]] “Tetapi bagaimana,” murid-murid mungkin menjawab Guru, “dapatkah kami melakukannya? Bagaimana, berdoalah, dapatkah kami berkhotbah kepada orang Roma? Bagaimana kami bisa berdebat dengan orang Mesir? Kami adalah orang-orang yang dibesarkan untuk menggunakan bahasa Syria saja, bahasa apa yang akan kami gunakan untuk berbicara dengan orang Yunani? Bagaimana kami membujuk orang Persia, Armenia, Chaldrearis, Scythians, India, dan (b) bangsa barbar lainnya untuk menyerahkan dewa leluhur mereka, lalu menyembah Pencipta segalanya? Kecukupan ucapan apa yang harus kami percayai dalam mencoba pekerjaan seperti ini? Dan harapan sukses apa yang bisa kami miliki jika kami berani mengumumkan hukum yang secara langsung bertentangan dengan hukum tentang tuhan mereka sendiri yang telah ditetapkan selama berabad-abad di antara semua bangsa? Dengan kekuatan apa kami bisa selamat dari upaya berani kita?”
Tetapi sementara murid-murid Yesus kemungkinan besar berkata demikian, atau berpikir demikian, Guru memecahkan kesulitan mereka, dengan menambahkan satu kalimat, yakni mereka harus (c) menang "Dalam NAMAKU." Karena Dia tidak menawari mereka secara sederhana dan untuk waktu yang tidak terbatas menjadikan semua bangsa murid, tetapi dengan tambahan yang diperlukan dari "Dalam Namaku." Dan kuasa Nama-Nya begitu besar, sehingga rasul berkata: “Allah telah memberinya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di sorga dan yang ada di bumi, dan benda-benda yang ada di bawah bumi,” [[Flp. ii. 9.]] Dia menunjukkan kebajikan kekuatan dalam Nama-Nya yang tersembunyi (d) dari kerumunan ketika Dia berkata kepada murid-murid-Nya: "Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dalam Nama-Ku." Dia juga meramalkan masa depan dengan sangat akurat ketika Dia berkata: “Sebab Injil ini pertama-tama harus diberitakan ke seluruh dunia, menjadi kesaksian bagi semua bangsa.” [[Matt.xxiv.14.]] Kata-kata ini diucapkan di sudut bumi pada waktu itu, dan hanya mereka yang hadir yang mendengarnya. Saya bertanya, bagaimana mereka menghargainya, kecuali dari pekerjaan ilahi lain yang telah Dia lakukan dan mereka akui sebagai kebenaran dalam firman-Nya? Tidak satu pun dari mereka yang tidak mematuhi perintah-Nya: tetapi dalam ketaatan kepada (137) Kehendak-Nya sesuai dengan perintahnya, mereka mulai memuridkan setiap ras manusia, pergi dari negara mereka sendiri ke semua ras, dan dalam waktu singkat dimungkinkan untuk melihat kata-kata-Nya terwujud.[7]
F. Dan Dia berkata kepada mereka, “Kerajaan Allah akan diambil darimu, dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang menghasilkan buahnya.” Dan Dia meminta murid-murid-Nya sendiri setelah penolakan mereka, "Pergilah dan jadikanlah semua bangsa murid-Ku dalam nama-Ku." (7) Oleh karena itu, tentu saja, Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Anak Allah, berkata kepada murid-murid-Nya setelah Kebangkitan-Nya: “{6a} Pergilah dan jadikanlah semua bangsa murid-Ku,” dan menambahkan: “Ajari mereka untuk menjalankan semua hal-hal, apapun yang telah Aku perintahkan kepadamu” [8]
Apa yang telah kita baca sejauh ini adalah pola yang konsisten dari Eusebius yang mengutip Matius 28 ayat 19 tetapi tidak pernah menyebutkan: “Bapa, anak, dan Roh Kudus.”
Mari kita kutip lebih banyak referensi dari para ahli, bahwa Matius 28:19 dengan rumus Tritunggal sebenarnya bukan bagian dari teks aslinya:
(1) Profesor Carl Clemen:
Profesor Carl Clemen melangkah lebih jauh dan menulis di catatan kakinya:
(3) Profesor Perjanjian Baru Rudolf K. Bultmann:
(4) Dr David Wenham:
(5) Williston Walker:
(6) Daniel L. Butler:
(7) Foakes –Jackon FJ :
Hal lain yang perlu kita perjelas untuk saudara-saudara Kristen kita adalah, bagaimana Matius 28:19 sesungguhnya sangat bertentangan dengan ayat sebelumnya. Perhatikan sekali lagi ayat dalam Matius 28:18 dan cermati baik-baik apa yang terytulis di sana:
Kemudian Yesus datang kepada mereka dan berkata, “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi."
Yesus berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi.” Ini jelas merupakan kontradiksi frontal dengan doktrin Tritunggal sendiri. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa dia masih membutuhkan Tuhan lain untuk memberinya otoritas yang seharusnya sudah dimilikinya sejak awal? Tidak pernah terpikirkan bukan? Padahal berdasarkan doktrin Tritunggal, Yesus sebagai Tuhan yang maha kuasa jelas tidak membutuhkan siapa pun untuk memberinya apapun, karena dia adalah Tuhan pemilik dan pencipta segala sesuatu.
Sejauh ini, apa yang kita ketahui tentang konsep Tritunggal adalah bahwa Bapa adalah Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan Yesus, sebagaimana terbukti dalam banyak situasi yang digambarkan dalam alkitab, adalah tuhan yang lebih rendah, yang dengan jelas menunjukkan bahwa dia tidak memiliki seluruh atribut yang dimiliki oleh Bapa. Dengan demikian, formula Tritunggal yang diyakini oleh mayoritas umat Kristen sebagai bentuk sempurna kemanunggalan antara Bapa, anak, dan Roh Kudus sebagai tiga entitas yang dalam segala hal adalah satu, justru menjadi berantakan dengan hadirnya ayat tambahan dalam Matius 28.
Hal lain yang perlu dipahami adalah bahwa ALLAH yang maha kuasa memiliki segala atribut yang menunjukkan kekuasaan-Nya, termasuk tentu saja semua atribut yag tidak dimiliki oleh Yesus. Inilah yang tergambar dalam Matius 28:18, yang dengan sendirinya mendiskualifikasi Yesus dari Tuhan yang maha kuasa menjadi Tuhan yang lebih rendah, atau dengan kata lain, bukan Tuhan sama sekali.
Kita dapat menyimpulkan dari bukti-bukti tertulis di atas bahwa ayat Matius 28: 19 tidak asli, dan padanan kata paling tepat untuk tidak asli adalah palsu! Dari bukti-bukti tsb pula kita dapat menyimpulkan bahwa tidak mungkin Yesus pernah mengucapkan formulasi Tritunggal, dalam ayat 19 karena itu kontradiktif dengan ayat 18.
Selanjutnya untuk menutup kasus ini, mari sama-sama kita cari jawabnya; mengapa tidak ada satu catatan pun dalam alkitab bahwa murid-murid Yesus pernah membaptis dalam formula Tritunggal? Alasannya apa? Mengapa formula Tritunggal seperti tertulis dalam Matius 28:19 tidak disebutkan di manapun dalam Perjanjian Baru?
"Maka celakalah orang-orang yang menulis kitab dengan tangan mereka (sendiri), kemudian berkata, “Ini dari Allah,” (dengan maksud) untuk menjualnya dengan harga murah. Maka celakalah mereka, karena tulisan tangan mereka, dan celakalah mereka karena apa yang mereka perbuat." [Quran 2:79]
REFERENSI:
[Sumber: Discover The Truth]
Post a Comment