Menu

Gus Mendem Gus Mendem Author
Title: Prolegomena, Pengantar Doktrin Pokok Kristen
Author: Gus Mendem
Rating 5 of 5 Des:
Pengantar Sebagai referensi, berikut adalah penjelasan singkat tentang doktrin-doktrin pokok Kristen dari perspektif Teologi kekristenan. K...

Pengantar

Sebagai referensi, berikut adalah penjelasan singkat tentang doktrin-doktrin pokok Kristen dari perspektif Teologi kekristenan.

Kendati sebenarnya ada duabelas cabang ilmu yang dianggap perlu untuk diketahui guna membantu memahami prinsip-prinsip yang mendasari Teologi Kristen, namun cakupan pembahasan umum di sini terbatas hanya pada isu-isu paling populer dalam apologetika Kristen vs Islam saja. Yaitu doktrin-doktrin yang secara merdeka -- terlepas dari segala pengaruh doktrin Kristen -- ditela'ah dengan mengedepankan logika seperti di antaranya doktrin Paterologi, Kristologi, Pneumatologi, Trinitas, Bibliologi dan apologetika Kristen berikut variannya.

Adapun penjelasan dari beberapa doktrin tsb yang turut kami sajikan di sini tidak akan dibahas secara luas dan mendalam, karena pada hakekatnya hanya dimaksudkan sebagai pengantar saja.

Demikian.
Semoga bermanfaat!

Teologi Sistematika

Loncat ke navigasiLoncat ke pencarian

Teologi sistematika adalah disiplin teologi Kristen yang merumuskan penjelasan yang teratur, rasional, dan koheren tentang doktrin-doktrin iman Kristen. Ini membahas isu-isu seperti apa yang Alkitab ajarkan tentang topik tertentu atau apa yang benar tentang Tuhan dan alam semesta-Nya. Itu juga dibangun di atas disiplin alkitabiah, sejarah gereja, serta teologi biblika dan sejarah. Teologi sistematika berbagi tugas sistematisnya dengan disiplin ilmu lain seperti teologi konstruktif, dogmatis, etika, apologetika, dan filsafat agama.

Metode 

Dengan tradisi metodologis yang agak berbeda dari teologi biblika, teologi sistematika mengacu pada teks-teks suci inti Kekristenan, sambil secara bersamaan menyelidiki perkembangan doktrin Kristen selama perjalanan sejarah, khususnya melalui filsafat, etika, ilmu sosial, dan ilmu alam. Menggunakan teks-teks alkitabiah, ia mencoba untuk membandingkan dan menghubungkan semua kitab suci yang mengarah pada penciptaan pernyataan sistematis tentang apa yang dikatakan seluruh Alkitab tentang masalah-masalah tertentu.

Dalam Kekristenan, tradisi yang berbeda (baik intelektual maupun gerejawi) mendekati teologi sistematika dengan cara yang berbeda yang berdampak pada (a) metode yang digunakan untuk mengembangkan sistem, (b) pemahaman tugas teologi, (c) doktrin yang termasuk dalam sistem, dan (d) tatanan doktrin-doktrin itu muncul. Bahkan dengan keragaman seperti itu, umumnya karya yang dapat digambarkan sebagai teologi sistematika yang dimulai dengan wahyu dan diakhiri dengan eskatologi.

Karena berfokus pada kebenaran, teologi sistematika juga dibingkai untuk berinteraksi dengan dan menangani dunia kontemporer. Ada banyak penulis yang mengeksplorasi bidang ini seperti  antara lain kasus Charles Gore, John Walvoord, Lindsay Dewar, dan Charles Moule. Kerangka kerja yang dikembangkan oleh para teolog ini melibatkan tinjauan sejarah postbiblikal suatu doktrin setelah terlebih dahulu membahas materi-materi alkitabiah.  Proses ini diakhiri dengan penerapan pada isu-isu kontemporer.

Kategori

Secara umum, terdapat 12 doktrin yang tercantum dalam Sistematika Teologi + 1 ajaran pembelaan Iman Kristen:

Catatan :

[a] Untuk memasuki semua doktrin yang ada, diperlukan prolegomena sebagai dasar untuk memahami doktrin-doktrin yang ada.

[b] Kadang Antropologi dengan Harmatologi digabungkan menjadi satu karena satu kesatuan.

[c] Kadang Doktrin Malaikat dan Iblis dijadikan satu dalam Angelologi.

Sejarah

Pembentukan dan integrasi berbagai ide Kristen dan gagasan yang terkait dengan Kekristenan, termasuk beragam topik dan tema Alkitab, dalam satu presentasi yang koheren dan tertata dengan baik adalah perkembangan yang relatif terlambat. Dalam Ortodoksi Timur, sebuah contoh awal diberikan oleh Eksposisi Iman Ortodoks abad ke-8 karya John dari Damaskus, di mana ia mencoba mengatur dan menunjukkan koherensi teologi teks-teks klasik tradisi teologi Timur.

Di Barat, Kalimat abad ke-12 karya Peter Lombard, di mana ia secara tematis mengumpulkan serangkaian besar kutipan dari para Bapa Gereja, menjadi dasar tradisi skolastik abad pertengahan tentang komentar dan penjelasan tematik. Summa Theologiae karya Thomas Aquinas merupakan contoh terbaik dari tradisi skolastik ini. The Lutheran skolastik tradisi dari tematik, eksposisi memerintahkan teologi Kristen muncul pada abad ke-16 dengan Philipp Melanchthon ini Loci Komune, dan dimentahkan oleh skolastik Calvinis, yang dicontohkan oleh John Calvin Institutio .

Pada abad ke-19, terutama dalam kelompok Protestan, jenis teologi sistematika baru muncul yang berusaha menunjukkan bahwa doktrin Kristen membentuk sistem yang lebih koheren yang didasarkan pada satu atau lebih aksioma fundamental. Teologi-teologi semacam itu sering kali melibatkan pemangkasan dan penafsiran ulang yang lebih drastis terhadap kepercayaan tradisional agar sesuai dengan aksioma atau aksioma.  Friedrich Daniel Ernst Schleiermacher, misalnya, menghasilkan Der christliche Glaube nach den Grundsätzen der evangelischen Kirche ( Iman Kristen Menurut Prinsip-Prinsip Gereja Protestan) pada tahun 1820-an, di mana ide dasarnya adalah kehadiran universal di antara umat manusia, terkadang lebih tersembunyi, terkadang lebih eksplisit, dari perasaan atau kesadaran akan 'ketergantungan mutlak'.

Penggunaan kontemporer

Ada tiga penggunaan yang tumpang tindih dari istilah 'teologi sistematika' dalam teologi Kristen kontemporer.

  • Menurut beberapa teolog di kalangan evangelis, ini digunakan untuk merujuk pada koleksi topikal dan eksplorasi isi Alkitab, di mana perspektif yang berbeda diberikan pada pesan Alkitab daripada yang dikumpulkan hanya dengan membaca narasi Alkitab, puisi, peribahasa, dan surat-surat sebagai kisah penebusan atau sebagai pedoman bagaimana menjalani kehidupan yang saleh. Salah satu keuntungan dari pendekatan ini adalah memungkinkan seseorang untuk melihat semua yang dikatakan Alkitab mengenai beberapa subjek (misalnya atribut Tuhan), dan satu bahaya adalah kecenderungan untuk menetapkan definisi teknis untuk istilah berdasarkan beberapa bagian dan kemudian baca artinya di mana-mana istilah itu digunakan dalam Alkitab (misalnya "pembenaran " seperti yang digunakan Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma) diusulkan oleh beberapa teolog evangelis sebagai digunakan dalam arti yang berbeda dengan bagaimana Yakobus menggunakannya dalam suratnya (Roma 4:25, Roma 5:16-18 dan Yakobus 2: 21–25) Dalam pandangan ini, teologi sistematika melengkapi teologi biblika.Teologi biblika menelusuri tema-tema secara kronologis melalui Alkitab, sementara teologi sistematika mengkaji tema-tema secara topikal; teologi biblika mencerminkan keragaman Alkitab, sedangkan teologi sistematika mencerminkan kesatuannya. Namun, ada beberapa teolog sistematika kontemporer dari aliran evangelikal yang akan mempertanyakan konfigurasi disiplin teologi sistematika ini. Kekhawatiran mereka ada dua. Pertama, alih-alih menjadi eksplorasi sistematis kebenaran teologis, ketika teologi sistematika didefinisikan sedemikian rupa seperti dijelaskan di atas, itu identik dengan teologi biblika. Sebaliknya, beberapa teolog sistematika kontemporer berusaha menggunakan semua sumber daya yang tersedia untuk memastikan sifat Tuhan dan hubungan Tuhan dengan dunia, termasuk filsafat, sejarah, budaya, dll. Singkatnya, para teolog ini berpendapat bahwa teologi sistematika dan biblika adalah dua hal yang terpisah. terkait, disiplin. Kedua, beberapa teolog sistematika mengklaim bahwa evangelikalisme itu sendiri terlalu beragam untuk menggambarkan pendekatan di atas sebagai sudut pandang "injili". Sebaliknya, para teolog sistematika ini akan mencatat bahwa dalam kasus di mana teologi sistematika didefinisikan sedemikian rupa sehingga hanya bergantung pada Alkitab, itu adalah versi teologi evangelikal yang sangat konservatif dan tidak berbicara untuk teologi evangelis secara keseluruhan.
  • Istilah ini juga dapat digunakan untuk merujuk pada teologi yang dengan sendirinya berusaha untuk melestarikan tradisi klasik dari eksplorasi tematik teologi yang dijelaskan di atas – seringkali melalui komentar atas tradisi klasik tersebut: Damaskus, Aquinas, John Calvin, Melanchthon dan yang lain.
  • Biasanya (tetapi tidak secara eksklusif) dalam teologi liberal, istilah ini dapat digunakan untuk merujuk pada upaya untuk mengikuti jejak Friedrich Schleiermacher, dan menafsirkan ulang teologi Kristen untuk memperolehnya dari serangkaian aksioma atau prinsip inti. 

Dalam ketiga pengertian tersebut, teologi sistematika Kristen akan sering menyentuh beberapa atau semua topik berikut: Tuhan, trinitarianisme, wahyu, penciptaan dan pemeliharaan ilahi, teodisi, antropologi teologis, Kristologi, soteriologi, eklesiologi, eskatologi, Israelologi, Bibliologi, hermeneutika, sakramen , pneumatologi, kehidupan Kristen, Surga, dan pernyataan antaragama tentang agama lain.

Lihat Pula

Bacaan Tambahan

  • Augustus Hopkins Strong. Systematic Theology.
  • Cornelius van Til, An Introduction to Systematic Theology. (Tersedia dalam bahasa Indonesia Pengantar Theologi Sistematik : Prolegomena, dan Doktrin Wahyu Alkitab, dan Allah).
  • Herman Banvick. Gereformeerde Dogmatiek / Reformed Dogmatics 4 Volume. (Tersedia dalam Bahasa Indonesia Dogmatika Reformed 3 Volume).
  • James Montgomery Boice. Foundations of the Christian Faith. (Terseia dalam Bahasa Indonesia Dasar-Dasar Iman Kristen).
  • Louis Berkhof, Systematic Theology.
  • John Frame. (2013). Systematic Theology An Introduction to Christian Belief. New Jersey : P&R Publishing Company
  • Muriwali Yanto Matalu. (2017). Dogmatika Kristen dari Perspektif Reformed. Malang : GKKR.
  • R. C. Sproul. Essential Truths of the Christian Faith. (Tersedia dalam Bahasa Indonesia Kebenaran Dasar Iman Kristen).
  • W. Gary Crampton. The Bible : Gods Words - Verbum Dei. (Tersedia dalam Bahasa IndonesiaVerbum Dei - Alkitab Firman Allah).

Referensi

  1. ^ Berkhof, Louis (1938).
  2. ^ "Categories of Theology". http://www.gcfweb.org/. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 April 2015. Diakses tanggal 18 September 2014.

Pranala luar



[Sumber: wikipedia]

Dari Author

Post a Comment

 
Top